Cara Mendapatkan Modal Usaha Saat Pandemi

Mayoritas dari kita memang sempat mengalami kebingungan masal, lantaran pandemi. Sehingga mau nggak mau, bikin kita harus memutar otak untuk membuat usaha sampingan supaya dapur tetap bisa ngebul.

Namun kenyataannya untuk membuka usaha sampingan ada banyak hal yang diperlukan. Salah satunya adalah modal usaha untuk menyiapkan perlengkapan, agar usaha kedepannya dapat berjalan maksimal, yang harapan ke depannya usaha ini tidak hanya dapat berjalan ketika pandemi tapi juga bertahan hingga di masa depan.

Maka pertanyaan yang muncul kemudian adalah bagaimana cara mendapatkan modal usaha yang paling gampang?

Walaupun modal usaha tidak berada di urutan pertama ketika berniat untuk membuka usaha. Namun ketika kita hendak membuka usaha, peran modal usaha ini jadi sangat penting.

Berikut ini cara mendapatkan modal usaha yang bisa kita coba:

Tabungan Pribadi

sumber: pixabay.com


Setiap dari kita pasti punya tabungan pribadi, meski sebenarnya ada goals yang sedang ingin dicapai dari tujuan menabung ini. Namun apabila tabungan kita dirasa cukup untuk dipakai sebagai modal usaha, nggak masalah dipakai dulu.

Tapi yang harus menjadi catatan adalah tabungan ini harus segera dikembalikan, agar tidak mengganggu goals yang sedang ingin dicapai. Apalagi tabungan yang diambil dari dana darurat yang bisa saja dibutuhkan sewaktu-waktu.

Baca juga SEVA Pusat Mobil Murah No 1 di Indonesia

Menjual Aset

Cara ini juga bisa dipakai untuk mencari modal yakni dengan menjual aset yang kita punya. Yang dimaksud dengan aset itu adalah bisa peralatan elektronik di rumah yang bisa dijual, atau mungkin bisa mejual gadget.

Ada sebagian orang yang perccaya bahwa menjual aset ini juga termasuk menggunakan tabungan yang ada, maka sebaiknya perhitungkan pula bagiamana usaha yang akan kita jalankan ini.

Jangan sampai membuat kita kerepotan, dan tidak mampu membeli ulang aset yang pernah kita jual.

Menggadaikan Aset

Pandangan banyak orang emang kadang-kadang sayang buat menjual aset yang dipunyai. Mengingat bagaimana susahnya mendapatkan aset tersebut. Namun ketika sudah terlanjur kepepet butuh modal, sedangkan untuk menjual dirasa tidak mungkin. maka opsi yang paling benar adalah dengan menggadaikan aset berharga yang kita punya.

Cara ini cukup efektif dipakai untuk mendapatkan modal usaha, meskipun nilai uang yang bakal didapatkan tidak akan sebanyak ketika kita menjual asetnya.

Maka perhitungkan secara betul bagaimana perputaran uang dari usaha yang akan kita buat, sehingga ke depannya kita masih mampu menebus aset yang digadaikan, agar aset tersebut tetap menjadi milik kita.

Mencari Partner Usaha

Dengan partner usaha akan membantu kita supaya dapat bekerja lebih konsisten dengan usaha yang akan dijalankan. Pastinya dengan memiliki partner usaha akan menambah modal usaha.

Hanya saja sebelum memutuskan untuk menentukan partner, pastikan dulu visi dan misinya harus sama. Supaya bisnis yang dijalankan bersama nantinya dapat berjalan dengan lancar.

Utang ke Orang Terdekat

Cara lain untuk mendapat modal usaha adalah dengan mengajukan pinjaman ke orang terdekat. Cara ini terbilang mudah dan bebas bunga. Untuk bentuk pinjamannya sendiri bisa berupa mengutang. Sebaiknya jangan lupa bayar utangnya sesuai jangka waktu tertentu yang disepakati, supaya tidak saling merugikan.

Sistem lain yang bisa dipakai adalah degan bentuk ekuitas. Jenis pinjaman ini lebih minim resikonya. Namun bila usaha kita ternyata gagal, kemungkinan besar hubungan dengan dengan si pemberi modal akan rusak. Maka, jelaskan mendetail bisnis kita supaya tidak terjadi kesalahpahaman.

Mengajukan Modal Usaha

Jika dirasa menjual dan menggadaikan aset untuk keperluan usaha sangat sulit untuk Anda. Solusinya adalah mengajukan pinjaman untuk mendapatkan modal menjalankan usaha. Saat ini ada banyak pinjaman yang dapat dipilih untuk memenuhi kebutuhan usaha. Misalnya saja mengajukan pinjaman online dan offline.

Tinggal bagaimana cara kita memilih layanan pinjaman yang tepat, maka akan cukup membantu mendapatkan modal usaha.

Namun yang harus diingat adalah setiap pinjaman itu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi selalu pilih yang sudah terdaftar OJK seperti Tunaiku. Karena dengan mengajukan pinjaman yang resmi akan membuat kita jadi merasa aman.

capture dari tunaiku.com


Beberapa kelebihan dari aplikasi ini yakni, terdaftar di OJK, sehingga aman, makanya Tunaiku jadi aplikasi pijol terpercaya saat ini. Selain itu di Tunaiku tidak perlu agunan, jadi nggak perlu repot ngurus banyak dokumen, beneran tanpa jaminan, dan tanpa kartu kredit, jadi gampang banget.r Kemudian poses cairnya juga lebih cepat dibandingkan dengan KTA Konvensional. 

Bagaimana cara daftar di Tunaiku? 

  • Cukup isi formulir, modal KTP, 10 menit dana cair.
  • Proses pengajuan KTA online, cocok di tengah pandemi gini

Sekarang kita semua tahu bagaimana cara mendapatkan modal usaha saat pandemi. Semoga bisa dapat gambaran, dan semoga bermanfaat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.