Panduan Install Aplikasi UP UKMPPG Domisili

Daftar Isi [Tampil]

 Panduan install aplikasi UP UKMPPG Domisili ini sebetulnya sudah ada di web resminya ukmppg. Setelah berhasil mendaftarkan diri untuk kegiatan UKIN, para peserta mulai disibukkan dengan persiapan UP. Dalam hal ini adalah para pejuang centang biru yang sesaat lagi akan mendapatkan pengakuannya sebagai guru beneran yang profesional dan dibuktikan dengan adanya sertifikat pendidik.

UP tahun ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. Adanya pandemi dan kebiasaan baru membuat para peserta PPG dipaksa untuk melakukan ujian dari rumah berbasis domisili.

Sekilas cara ini memberikan dampak positif, namun di sisi lain juga apapun bentuk hal positif tentu saja memiliki dampak negatif pula bagi para peserta.

Kelebihan dan Kekurangan UP UKMPPG Domisili

Kita pisahkan mulai dari kelebihannya saja terlebih dahulu, ini yang tampak asyik dan menyenangkan untuk dirasakan.

  • Ekonomis, karena dapat dilakukan dari rumah sendiri tanpa perlu ongkos tambahan apabila dilakukan di Universitas. Selain itu juga apabila harus dilakukan di kampus memerlukan penginapan yang bisa jadi dapat membuka pengeluaran lain, belum lagi biaya makan dan minum ketika berada di sana.
  • Santai, apapun yang dilakukan di rumah yang berasa santai, karena di rumah sendiri, semuanya bisa dilakukan dengan tenang, masih bisa ketemu mama papa, pasangan, adik kakak, anak, teman, saudara dan semacamnya.
  • Bisa sambil kerja, beberapa jam sebelum ujian kita juga masih bisa kerja, apalagi untuk para freelancer yang utamanya jam kerjanya tidak jelas.
  • Main sama anak, bagi yang punya, tak dapat dipungkiri main bersama anak itu bisa jadi obat lelah dan hiburan saat sedang tidak semangat semangatnya, jadi adanya anak bisa jadi penambah energi apalagi perjuangan yang akan dilakukan juga buat masa depan anak.
Mungkin itu dulu kelebihannya. Sekarang kita ambil kekurangannya. Apa aja sih yang jadi kendala atau kekurangan UP UKMPPG ini?
  • Jaringan internet, ini masih jadi kendala banyak orang yang ada di seluruh nusantara, walaupun Indonesia sekarang sudah ada jaringan hingga 4G+ yang bahkan sebentar lagi akan ada 5G, tapi di daerah tertentu ada yang buat membuka google meeting saja meski dilakukan dari atas genteng.
  • Sering mati lampu, celakanya ketika mati lampu sinyal atau jaringan internetnya pun mati, bahayanya kalau sudah seperti ini bakal auto gagal UP, artinya juga bakal gagal buat mendapatkan sertifikat pendidik.
  • Gangguan sekitar, meskipun di awal saya sebut anak menjadi penyemangat, tapi kadang kalau suasana tidak tepat bisa jadi malah anak menjadi ancaman pengganggu, apalagi anak yang masih berusia kecil, atau anak yang masih perlu ASI, dan sebagainya. Belum lagi gangguan bising yang ada di sekitar.
  • Kuota, memakan banyak kuota untuk melakukan aktivitas yang dilakukan di internet. Pengalaman teman saya, pernah menghabiskan 5GB kuota hanya dalam sekali duduk mengikuti kegiatan belajar virtual.
Itu aja dulu, nanti kalau ada yang mau nambahin silakan tulis di kolom komentar.

Panduan Install Aplikasi UP UKMPPG Domisili

Untuk melakukan instalasi aplikasi UP UKMPPG Domisili ada beberapa hal yang dapat dilakukan. Selain persiapan laptop yang bagus, maksudnya laptop yang dapat mendukung semua kegiatan, yang tidak lemot, yang tidak harus senantiasa dicolok saat digunakan, ya pokoknya seperti itu. 

Berikut ini saya rangkumkan Panduan Install Aplikasi UP UKMPPG Domisili:

Unduh  Aplikasi UP

Aplikasi UP UKMPPG Domisili ini dapat diunduh melalui laman https://ukm.ppg.kemdikbud.go.id/, kalau kesulitan. Pilih OS yang kita pakai, misalnya saya gunakan windows langsung pilih windows. Setelah itu kita disajikan dua buah file yakni 1_SEB_UP_PPGINSTALL dan 2_MULAI_UPPPG. 

Install SEB UP PPG

Untuk melakukan Penginstallan aplikasi UP yang harus kamu lakukan cukup mengklik aplikasi nomor 1 yang sudah kamu unduh di atas. Pastikan semuanya sudah berhasil kamu unduh. Klik dua kali, lalu pilih yes, lalu kita akan diarahkan ke jendela seperti di bawah ini:

Panduan Install Aplikasi UKMPPG Domisili



Klik Next, lalu  pilih I accept the term in the license agreement yang ada di jendela berikutnya, kemudian klik tombol Next lagi. Lanjutkan dengan menekan tombol install. 

Biarkan komputermu melakukan proses penginstallan. Hingga nanti muncul jendela baru, tekanlah tombol Finish.

Masuk ke Aplikasi

Untuk masuk ke aplikasi, kita kembali ke folder unduhan, lalu klik file nomor 2_Mulai_UPPPG. Di sana nanti kamu akan diminta untuk memasukkan password. Gunakan password bawaan aplikasi, yaitu upppg, sampai muncul tulisan "Anda telah berhasil mengakses sistem UP melalui Safe Exam Browser (SEB)", artinya kamu sudah berhasil.



Selamat. 

Kamu barusaja memnaca panduan Install Aplikasi UP UKMPPG domisili. Semoga UP kamu berjalan lancar, dan kamu dapat lulus hanya sekali tes. Semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Panduan Install Aplikasi UP UKMPPG Domisili"