10 Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online

Daftar Isi [Tampil]

Internet telah merevolusi cara kita berbelanja. Karena banyaknya keuntungan dan manfaat, semakin banyak orang saat ini lebih suka membeli barang secara online daripada cara konvensional pergi ke toko.

Apa alasan banyak orang menyukai belanja online dan mengapa begitu populer? Di bawah ini adalah sepuluh alasan utama saya untuk berbelanja online.

Pro dan Kontra Belanja Online



Keuntungan Belanja OnlineKekurangan Belanja Online

Kenyamanan

Dampak Lingkungan Negatif dari Pengemasan dan Gas

Harga Lebih Baik

Masalah Pengiriman dan Keterlambatan

Lebih Banyak Variasi

Risiko Penipuan

Mudah Mengirim Hadiah

Kurangi Kontak Dengan Komunitas Anda

Lebih Banyak Kontrol

Menghabiskan Terlalu Banyak Waktu Online

Perbandingan Harga Mudah

Pengembalian Bisa Rumit

Tidak Ada Kerumunan

Anda Tidak Tahu Persis Apa yang Anda Dapatkan

Tidak Ada Tekanan Penjualan

Situs Web yang Tidak Ramah, Penipu, atau Rumit

Akses ke Inventaris Bekas atau Rusak

Tidak Ada Bantuan Penjualan

Privasi untuk Pembelian Rahasia

Tidak Ada Dukungan untuk Pengecer Lokal


10 Manfaat Belanja Online


1. Kenyamanan

Kenyamanan adalah keuntungan terbesar. Di mana lagi kita bisa berbelanja dengan nyaman di tengah malam saat mengenakan piyama? Tidak ada antrean untuk menunggu atau kasir untuk dilacak untuk membantu kita melakukan pembelian, dan kita dapat berbelanja dalam hitungan menit. 

Toko online memberi kita semua kesempatan untuk berbelanja 7 hari/24 jam, dan juga memberikan kita pengalaman berbelanja 'tanpa polusi'. 

Tidak ada tempat yang lebih baik untuk membeli produk informasi seperti e-book, yang tersedia untuk kita secara instan, setelah pembayaran dilakukan. Barang-barang yang dapat diunduh yang dibeli secara online menghilangkan kebutuhan akan segala jenis materi fisik sama sekali, juga, yang membantu lingkungan!

2. harga yang lebih baik

Penawaran murah dan harga yang lebih baik tersedia secara online, karena produk datang langsung dari produsen atau penjual tanpa melibatkan perantara. Plus, lebih mudah untuk membandingkan harga dan menemukan kesepakatan yang lebih baik. Banyak situs online juga menawarkan kupon diskon dan potongan harga. 

Tidak hanya harga yang lebih baik, tetapi kita juga dapat menghemat pajak, karena toko online hanya diwajibkan untuk memungut pajak penjualan jika mereka memiliki lokasi fisik di negara kita. Faktor dalam penghematan biaya bensin dan parkir, sehingga kita telah menghemat banyak uang!

3. Lebih banyak variasi

Pilihan online memang luar biasa. Kita dapat menemukan hampir semua merek atau barang yang kita cari. Selain itu kita juga dapat mengikuti tren internasional terbaru tanpa mengeluarkan uang untuk tiket pesawat ke sana.

Dengan berbelanja dari pengecer di luar negeri yang jaraknya sangat jauh, dapat dilkukan hanya sekali klik saja. 

Pilihan warna dan ukuran yang jauh lebih banyak daripada yang kita temukan secara lokal pun menjadi kelebihannya. Plus, stoknya jauh lebih banyak, jadi kita akan selalu dapat menemukan ukuran dan warna yang cocok untuk kita. 

Beberapa toko online bahkan menerima pesanan untuk barang yang stoknya habis dan mengirimkannya saat barang tersebut masuk.

4. mengirim hadiah dengan lebih mudah

Mengirim hadiah ke kerabat dan teman itu mudah, di mana pun mereka berada. Semua pengemasan dan pengiriman dilakukan untuk kita. Seringkali, mereka bahkan akan membungkusnya untuk kita sebuah hadiah! 

Kini, tidak perlu lagi menjadikan jarak sebagai alasan untuk tidak mengirimkan hadiah pada acara-acara seperti ulang tahun, pernikahan, anniversary, Valentine's Day, Mother's Day, Father's Day, dan lain sebagainya.

5. Lebih banyak kontrol

Sering kali, ketika kita memilih belanja konvensional, kita cenderung menghabiskan lebih banyak dari yang direncanakan dan akhirnya membeli barang yang tidak sesuai dengan keinginan kita (tetapi kita tidak dapat menemukan yang lebih baik di toko). Dengan belanja online, kita tidak perlu membiarkan inventaris toko mendikte apa yang akan kita beli, dan kita akan mendapatkan apa yang kita butuhkan.

6. Perbandingan harga yang mudah

Membandingkan dan meneliti produk dan harganya jauh lebih mudah secara online. Jika kita berbelanja peralatan, misalnya, kita dapat menemukan ulasan konsumen dan perbandingan produk untuk semuanya dari marketplace, sehingga kita dapat memilih harga terbaik. 

Selain itu kita juga dapat meneliti pengalaman, penilaian, dan ulasan langsung untuk sebagian besar produk dan pengecer.

7. Tidak ada kerumunan

Jika kamu seperti saya, saya  sangat benci keramaian saat berbelanja. Terutama selama liburan, festival, atau di akhir pekan, itu semua hanya bikin luar biasa pusing. Apalagi di tengah pandemik gini kan. 

Selain itu, terjepit di tengah keramaian pembeli terkadang membuat kita merasa tergesa-gesa atau terburu-buru. 

Dengan belanja online, hal itu tidak lagi terjadi, kita juga tidak perlu berebut tempat parkir. Semua masalah ini dapat dihindari ketika berbelanja online.

8. Tidak ada tekanan

Seringkali ketika kita keluar berbelanja, kita akhirnya membeli barang-barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan, semua karena penjaga toko menekan kita atau menggunakan keahlian menjual mereka untuk memaksa kita melakukan pembelian ini.

9. dapat membeli barang bekas atau rusak dengan harga lebih murah 

Pasar di Internet memberi kita akses ke daftar barang lama atau rusak dengan harga terendah. Juga, jika kita ingin membeli barang antik, tidak ada tempat yang lebih baik untuk menemukan yang bagus.

10. Pembelian lebih mudah

Beberapa hal lebih baik dilakukan dalam privasi rumah kita. Toko online adalah yang terbaik untuk pembelian rahasia untuk hal-hal seperti mainan dewasa, pakaian dalam seksi, dan sebagainya. Ini memungkinkan saya untuk membeli pakaian dalam dan pakaian dalam tanpa rasa malu atau paranoid apa pun bahwa ada orang yang menonton atau menilai saya.

10 Kekurangan Belanja Online



1. Dampak lingkungan negatif dari kemasan dan gas. 

Setelah pembelian dikemas dalam beberapa lapis kemasan plastik dan karton dan dikirim langsung ke pintu depan rumah, tetapi tidak terlalu bagus untuk lingkungan. Bahkan jika kita mencoba mendaur ulang kardus, akan ada banyak sekali sampah yang terkumpul akibat berbelanja online. 

2. Masalah pengiriman dan keterlambatan

Bahkan perusahaan pengiriman dan pengecer online terbesar dan terbaik pun mengalami hari-hari buruk mereka, jadi tidak ada cara untuk memastikan bahwa kita akan mendapatkan pelayanan pembelian yang tepat waktu kecuali kita mengambilnya langsung dari toko. Item hilang, memutar, rusak, atau dikirim ke alamat yang salah lebih sering dari yang kita bayangkan. 

3. Risiko penipuan

Jika Anda berbelanja online, ada risiko penipuan yang lebih besar: penipuan kartu kredit, phishing, peretasan, pencurian identitas, produk palsu, situs web palsu, dan penipuan lainnya sering terjadi. 

4. Menghabiskan terlalu banyak waktu online

Terutama jika pekerjaan kita mengharuskan untuk melihat komputer sepanjang hari, kita juga mungkin akan kelelahan pada semua waktu layar itu. Belanja online dapat berubah menjadi maraton bergulir dan mengklik lubang kelinci dan sebelum menyadarinya, kita telah online hampir sepanjang hari. Internet adalah tempat yang bagus untuk dikunjungi, tetapi kita mungkin tidak ingin tinggal di sana. 

5. Kurang kontak dengan masyarakat

Jika kita melakukan semua bisnis secara online, kita tidak perlu meninggalkan rumah. Ini mungkin bagus untuk sementara tetapi kadang-kadang, kita mungkin ingin pergi ke luar, menghirup udara segar, mendapatkan perubahan pemandangan, berbicara dengan orang sungguhan, berpartisipasi dalam komunitas, dan hanya menjadi bagian dari keramaian. Terkadang, monitor komputer tidak dapat bersaing dengan koneksi manusia yang sebenarnya. 

6. tidak tahu persis apa yang kita dapatkan 

Kecuali kita sangat akrab dengan merek atau produk, membeli secara online membutuhkan lompatan keyakinan, salah satu yang tidak selalu berakhir menguntungkan kita. 

Ukuran sering tidak tepat. Kita tidak dapat menentukan tekstur, kain, kecocokan, potongan, kualitas, bobot, atau daya tahan hanya dengan melihat foto. Produk yang tampak hebat mungkin terasa chintzy, canggung, atau murahan saat kita memegangnya. 

7. Pengembalian bisa rumit

Beberapa penjual membuat prosesnya mudah, tetapi banyak yang mempersulit untuk mengembalikan barang dagangan mereka atau mendapatkan pengembalian uang. Sering kali, kita tidak dapat memperoleh penggantian untuk biaya pengiriman apa pun. 

Pelabelan, pengemasan, pengiriman, pelacakan, dan pengisian semua formulir yang benar adalah kerumitan yang dapat kita hindari jika kita membeli secara langsung (dan jika kita memilih sendiri barang dagangan kita, tidak perlu terlalu sering mengembalikan barang). 

8. Situs web yang tidak ramah, scammy, atau rumit

Beberapa situs mengharuskan kita bergabung dengan milis mereka dan membuatnya tidak mungkin untuk berhenti berlangganan. Beberapa bahkan menjual alamat email kita kepada orang lain, sehingga email kita akan penuh dengan iklan. 

Terkadang, situs tidak menawarkan deskripsi barang yang baik atau akurat, atau kita tidak tahu cara membeli atau mengembalikan barang atau berbicara dengan layanan pelanggan. 

9. Tidak ada bantuan penjualan

Di toko, biasanya ada seseorang yang membantu kita, tetapi secara online, tak ada pelayanan seperti itu. Jika kita bingung atau memiliki pertanyaan, mungkin akan melakukan kesalahan dalam melakukan pembelian, yang nantinya akan kita sesali karena tidak ada orang yang bisa diajak bicara. 

10. Tidak ada dukungan untuk pengecer lokal

Jika semua orang mulai melakukan semua belanja online mereka, semua toko lokal akan gulung tikar. Ketika semua toko di kota hilang, kita harus berkendara semakin jauh untuk berbelanja di toko sungguhan. Banyak orang dan tempat telah mengalami dampak negatif dan terkadang menghancurkan dari e-commerce yang menghilangkan pekerjaan dan menghancurkan ekonomi lokal.

Hal Terbaik dan Terburuk untuk Dibeli Secara Online

Hal yang Harus Anda Beli Secara OnlineHal-hal yang Harus Anda Beli Di Toko

Elektronik (baru atau rekondisi)

Apa pun yang bisa Anda tawar untuk mendapatkan harga yang lebih baik

Obat-obatan (lebih murah dan mudah, terutama saat Anda sakit)

Obat-obatan (hati-hati terhadap penipuan online dan obat-obatan kedaluwarsa atau palsu)

Pakaian (jika Anda tahu persis apa warna, gaya, dan ukuran yang Anda inginkan)

Pakaian (ketika Anda ingin menyentuh, mencoba, dan memeriksa)

Perlengkapan bayi (popok, susu formula, makanan)

Apa saja yang harus dialami terlebih dahulu (kasur, furniture, selimut, dll)

Makanan hewan peliharaan (lebih murah dan lebih mudah, terutama dalam jumlah besar)

Barang yang sangat berat (dengan biaya pengiriman yang mahal)

Buku (jika Anda tahu persis apa yang Anda inginkan)

Buku (jika Anda ingin menelusuri, berbicara dengan penjual buku, dan mendukung toko buku lokal Anda agar mereka tidak gulung tikar)

Mobil bekas (lebih murah dan mudah tanpa dealer, kecuali Anda membutuhkan pembiayaan)

Apa pun yang mungkin perlu Anda kembalikan

Bahan makanan (jika Anda tidak punya waktu)

Bahan makanan (jika Anda ingin memilih apa yang Anda makan dan mendukung petani dan pedagang lokal Anda)

Hadiah Liburan (pembungkus kado, pengiriman, dan kenyamanan tidak ada duanya)

Produk apa pun yang belum pernah Anda coba sebelumnya (parfum, makanan, kosmetik, dll.)

Seni (situs seperti daftar Etsy asli, seni indah langsung dari artis)

Hewan peliharaan (tentu saja!)

Resep atau kacamata baca (selalu lebih murah dan lebih manis secara online)

Properti (tentu saja!)


Posting Komentar untuk "10 Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online"