5 Destinasi Wisata Sumut yang Sangat Menarik untuk Dikunjungi

5 Destinasi Wisata Sumut yang Sangat Menarik untuk Dikunjungi – Travelling atau yang biasa disebut dengan istilah jalan-jalan merupakan salah satu hal yang sangat harus untuk dilakukan. Terlebih bagi kamu semua para pekerja kantoran yang sering menghabiskan waktu selama seharian penuh di dalam ruangan untuk bekerja, tentu rasa bosan dan juga jenuh akan senantiasa menghampiri.

Kalau sudah begitu, kamu harus bisa dengan segera mungkin untuk melakukan travelling agar pikiran menjadi lebih tenang. Travelling sendiri biasa dilakukan oleh banyak orang dengan mengunjungi berbagai macam destinasi wisata. Dan berbicara tentang destinasi wisata, Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak sekali destinasi wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Selain sangat menarik untuk dikunjungi, berbagai macam destinasi wisata yang ada di sumut tersebut juga memiliki panorama alam yang sangat mempesona dan sulit untuk dilupakan. Mulai dari destinasi wisata pegunungan, air terjun, wisata sejarah, dan yang lain sebagainya.

Tentunya akan membuat liburanmu terasa lebih bermakna. Semua keindahan alam akan senantiasa kamu dapatkan di berbagai macam destinasi wisata yang ada di Sumatera Utara.

Bagi kamu semua yang ingin melakukan travelling dan bingung ingin melakukan travelling kemana, tenang saja karena pada tulisan kali ini saya akan membahas tentang 5 Destinasi Wisata Sumut yang sangat Menarik untuk Dikunjungi, yakni:

Destinasi Sumut
Edit from Canva


  • Istana Maimun
  • Air Terjun Sipiso Piso
  • Danau Toba
  • Salju Panas Dolok Tinggi Raja
  • Hillpark Sibolangit

Semoga kelima destinasi wisata yang akan saya jelaskan di bawah ini bisa menjadi pilihan bagi kamu semua yang ingin melakukan travelling.

Mari kita bahas satu persatu!

Istana Maimun

twitter @lokadataID

Destinasi wisata pertama di sumut yang sangat menarik untuk dikunjungi adalah Istana Maimun. Istana Maimun merupakan salah satu peninggalan dari Kerajaan Deli yang saat ini sudah menjadi ikon utama dari Kota Medan. Memiliki luas 2.700 meter, destinasi wisata ini tentunya dapat menampung banyak sekali wisatawan yang berkunjung kesana.

Setidaknya ada 30 buah ruangan yang terdapat di Istana Maimun dan di dalam 30 ruangan tersebut ada banyak sekali peninggalan Kerajaan Deli yang dapat kamu saksikan. Istana Maimun terletak di JL. Brigadir Jenderal Katamso, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan. Untuk bisa masuk ke Istana Maimun, para wisatawan hanya diwajibkan untuk membayar tiket masuk sebesar Rp.5.000,- / orang. Tentunya sangat murah kan? Sangat cocok tentunya bagi kamu semua yang ingin travelling tanpa memikirkan masalah biaya.

Air Terjun Sipiso Piso

Twitter @wiranaga

Destinasi wisata kedua di Sumut yang sangat menarik untuk dikunjungi adalah Air Terjun Sipiso Piso. Berlokasi di Desa Tongging, Kabupaten Karo, destinasi wisata ini sukses menarik perhatian banyak orang. Karena memang pemandangan yang ada di Air Terjun Sipiso Piso sungguh sangat menakjubkan. Mungkin banyak dari kamu yang bertanya-tanya tentang asal usul dari nama air terjun tersebut.

Kata Piso sendiri berasal dari bahasa Karo yang berarti pisau. Karena derasnya air terjun yang jatuh ke bawah bagaikan sebuah pisau yang sangat tajam, maka masyarakat setempat menamakan destinasi wisata tersebut dengan nama Air Terjun Sipiso Piso. Air Terjun Sipiso Piso juga menjadi air terjun paling tinggi di Indonesia. Tak heran jika wisatawan yang datang banyak yang berasal dari luar Sumatera Utara.

Danau Toba

Twitter @sapri18942198

Destinasi wisata ketiga di Sumut yang sangat menarik untuk dikunjungi adalah Danau Toba. Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia sekaligus menempati peringkat kedua sebagai danau vulkanis terbesar di Dunia. Memiliki luas 100 KM dan lebar 30 KM, tentunya sangat layak jika Danau Toba dinobatkan sebagai danau terbesar di Indonesia. Keindahan alam yang ada di destinasi wisata ini juga sungguh sangat menakjubkan.

Danau Toba memiliki keunikan tersendiri, yaitu terdapat sebuah pulau yang tetap berdiri kokoh hingga saat ini. Pulau tersebut bernama Pulau Samosir. Di pulau ini jugalah para wisatawan yang datang bisa membeli berbagai macam aneka oleh-oleh untuk dibawa pulang ke rumah. Selain Pulau Samosir, keunikan lain Danau Toba yang sangat memukau para wisatawan yang berkunjung kesana yaitu adanya fenomena Batu Gantung.

Batu Gantung merupakan sebuah fenomena unik Danau Toba yang menuai banyak sekali mitos di masyarakat. Ntah bagaimana batu tersebut bisa bergantung pada sebuah tebing dan tidak pernah rusak meskipun sudah berumur ratusan tahun lamanya. Batu Gantung ini jugalah yang menjadi pusat perhatian bagi para wisatawan yang berkunjung kesana. Biasanya mereka sering mengabadikan momen di Batu Gantung tersebut dengan berfoto selfie.

Salju Panas Dolok Tinggi Raja

 twiter @WegoID

Destinasi wisata keempat di Sumut yang sangat menarik untuk dikunjungi yaitu Salju Panas Dolok Tnggi Raja. Jika berbicara tentang salju, tentu sangat mustahil rasanya jika di Indonesia ada. Namun kamu jangan salah sangkah dulu, ternyata di Sumut ada sebuah destinasi wisata salju yang sangat menarik untuk dikunjungi. Salju tersebut juga sangat berbeda dari salju-salju pada umumnya, bukannya dingin namun salju tersebut justru panas.

Terletak di Desa Dolok, Tinggi Raja, Sumatera Utara, destinasi wisata ini sukses menarik perhatian para pengunjung untuk datang kesana. Sebenarnya destinasi wisata tersebut hanyalah sebuah kawasan bukit kapur dengan warna yang sangat unik hingga menyerupai sebuah salju yang ditengahnya terdapat sebuah danau air panas. Danau air panas tersebut juga sering dimanfaatkan oleh para wisatawan sebagai lokasi pemandian.

Namun perlu diingat, untuk bisa menuju ke destinasi wisata ini terbilang sangat sulit. Selain karena kualitas jalannya yang kurang baik, warga setempat juga sering meminta uang kepada para wisatawan yang berkunjung kesana. Hal tersebut tentunya terasa sangat tidak mengenakkan. Maka dari itu, bagi kamu semua yang ingin berkunjung ke destinasi wisata ini harus senantiasa berhati-hati ya.

Hillpark Sibolangit

Twitter @dolandolencom

Dan destinasi wisata terakhir di Sumut yang sangat menarik untuk dikunjungi adalah Hillpark Sibolangit. Hillpark Sibolangit merupakan salah satu destinasi wisata rekreasi keluarga yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan saat musim liburan telah tiba. Memiliki luas 20 Hektar, pihak pengelola destinasi wisata tersebut telah menyediakan banyak sekali wahana permainan yang dapat dicoba oleh para wisatawan yang berkunjung kesana.

Hillpark Sibolangit berlokasi di Desa Suka Makmur, Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang. Udara yang ada pada destinasi wisata ini juga sangat segar. Hal ini disebabkan karena letaknya yang berada di daerah pegunungan dengan ketinggian sekitar 550 meter dari atas permukaan laut.

Itulah sekilas pembahasan tentang 5 Destinasi Wisata Sumut yang Sangat Menarik untuk Dikunjungi. Selain 5 destinasi wisata yang telah dijelaskan di atas, ternyata masih ada banyak lagi destinasi wisata lain di Sumatera Utara yang juga menarik untuk dikunjungi. Jadi, tunggu apalagi segera kunjungi berbagai macam destinasi wisata yang ada di Sumatera Utara untuk menikmati segudang keindahan alam yang sangat mempesona. Semoga Bermanfaat!

Posting Komentar untuk "5 Destinasi Wisata Sumut yang Sangat Menarik untuk Dikunjungi"