Danau Vulkanik Segara Anak Berselimut Mitos



Pernahkah tertarik melihat masa depan sendiri? Ada baiknya Anda segera mengunjungi danau Segara Anak. Secara harafiah, Segara Anak dapat diartikan sebagai anak laut. Semua ini dikarenakan munculnya warna biru dari danau yang terdapat di kawah vulkanik dari Gunung Rinjani yang tampak seperti air laut.

Cara Menempuh Ke Sana

Untuk mencapai danau vulkanik Segara Anak ini kita harus menempuh waktu antara 8-10 jam berjalan kaki,  jika dihitung dari pos pendakian senaru. Sedangkan dari Kota Mataram menuju ke Desa Senaru yang menjadi titik awal pendakian Gunung Rinjani kurang lebih berjarak sekitar 2,5 jam perjalanan.

Cerita Menarik Dari Segara Anak

Terdapat cerita yang menarik di balik indahnya danau vulkanik Segara Anak ini, ternyata juga menyimpan sebuah mitos. Menurut kepercayaan penduduk setempat, apabila kita melihat danau ini secara langsung dengan menggunakan mata telanjang, dan yang tampak di mata kita adalah keadaan danau yang luas, maka diduga umur kita akan panjang. Begitu juga sebaliknya, apabila danau ini terlihat kecil di mata kita, maka itu memiliki pertanda bahwa umur kita akan berumur pendek. Sangat terkesan menarik bukan?

Segara Anak Berselimut Mitos

Mitos ini hanyalah satu dari sekian banyak mitos yang bermunculan menyelimuti danau yang memiliki luas 1,1 hektar ini. Danau ini berada di ketinggian 2.000 m di atas permukaan laut. Terlepas dari asumsi benar atau tidak tentang mitos tersebut, melakukan duduk selonjor di tepi danau yang tenang dengan suasana yang sejuk di Danau vulkanik Segara Anak, apalagi dibarengi sambil menyeruput minuman dingin setelah lelah mendaki berjam-jam, pasti akan membuat semua kelelahan menjadi sirna seketika.

Terdapat Gunung Berapi Yang Masih Aktif

Satu hal lagi yang dapat menambah keistimewaaan danau Segara Anak ini adalah adanya sebuah gunung berapi yang sampai sekarang masih aktif, terdapat gunung kecil di tengah-tengah danau yang diberi nama Gunung Baru Jari, yang memiliki ketinggian 2.376 m di atas permukaan laut.

Posting Komentar untuk "Danau Vulkanik Segara Anak Berselimut Mitos"