Wakaf Bagi Generasi Muda Umat Islam

Wakaf Bagi Generasi Muda Umat Islam



Memberikan arahan tentang wakaf bagi generasi muda umat islam adalah kegiatan yang sangat penting. Seperti yang kita sama-sama ketahui, generasi muda adalah penerus bangsa. Maka, mengarahkannya untuk senantiasa berwakaf akan membuat para generasi muda untuk terbiasa berwakaf. Hal ini akan mengajarkan anak muda tentang betapa pentingnya berbagi, serta belajar secara langsung membantu sesame melalui kegiatan berwakaf.

Hal ini dapat dimulai melalui pengenalan aplikasi hasanah, atau website hasanah. Karena kebanyakan anak muda sangat dekat dengan penggunaan gadget. Sehingga memudahkan dalam penanaman karakter untuk kaum generasi muda dalam pembelajaran wakaf bagi generasi muda umat islam.

Dengan begitu para generasi muda akan mendapatkan hikmah bahwa tangan di atas adalah yang paling baik daripada tangan di bawah. Selain itu, mengajarkan para generasi muda untuk melakukan wakaf akan membuat mereka menjadi lebih aware dan peduli terhadap sesama. Dengan begitu, generasi muda  akan merasa senang dan selalu berpikir kritis dalam program wakat untuk melakukan kebaikan terhadap sesama.

Kegiatan ini juga dapat membantu generasi muda untuk mengerti tentang arti menabung yang tidak hanya bertujuan untuk kepentingan dunia saja, melainkan juga dapat untuk bertujuan untuk kepentingan di akhirat kelak.

Penanaman karakter pada generasi muda ini dapat memberikan penjelasan kepada mereka bahwa dengan melakukan wakaf, semua harta yang kita salurkan tidak akan berkurang, tetapi akan dibuat menjadi berlipat-lipat oleh Allah SWT, dan memberikan pengertian pada generasi muda mengenai keutamaan-keutamaan yang melebihi sedekah lainnya, karena akan mengalirkan pahala yang tidak ada hentinya dan terus mengalir selama wakaf yang kita berikan tetap bermanfaat untuk kepentingan umat.

Dari uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa wakaf bagi generasi muda umat islam sebaiknya dapat ditanamkan secara berkesinambungan. Alangkah baiknya dapat diajarkan sejak dini, sehingga ketika mereka telah dewasa nantinya akan menjadi lebih terbiasa memberikan wakaf untuk kepentingan umat.

Islam menyediakan wakaf sebagai fasilitator bagi para umat yang ingin menjaga keberkahan dan kekekalan hartanya untuk taqarrub kepada Allah SWT, dengan tujuan menggapai kebaikan dan ridho dari-Nya. Dari uraian tersebut maka dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa satu wakaf sobat hasanah membawa manfaat untuk sesama karena merupakan satu sifat yang sangat baik apabila dikerjakan dengan penuh ketulusan.

Manusia adalah mahluk yang tidak dapat dipisahkan dengan manusia yang lainnya. Tak ada seorang pun di dunia ini yang tidak pernah membutuhkan pertolongan orang lain. Untuk itu berwakaf untuk membantu sesama merupakan suatu perbuatan yang sangat terpuji. Sehingga Allah menjanjikan pahala yang sangat besar bagi orang yang memberikan wakaf, dan kebaikannya mengalir melimpah sampai pada hari kiamat.

Seperti yang tertuang dalam surat Al Maidah ayat 2 “ … Dan tolong-menolong lah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam perbuatan dosa dan pelanggaran. Dan bertakwa lah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah sangat berat siksaan-Nya.” Memberikan wakaf adalah sedekah yang paling terpuji untuk membantu sesama, juga dijadikan solusi dalam membangun ekonomi umat serta memberikan pahala tanpa batas apabila yang diwakafkan dapat dimanfaatkan dengan baik.

Di samping itu pula, memberikan wakaf bukan hanya dapat dilakukan oleh orang-orang dari kaum kaya raya saja, akan tetapi dapat pula dilakukan oleh masyarakat kecil. Sebab memberikan wakaf bukan hanya perihal uang, melainkan dapat berupa jenis apapun asalkan yang diwakafkan bisa memberikan tujuan, sehingga satu wakaf sobat hasanah membawa manfaat untuk sesama, dalam proses membangun peningkatan perekonomian umat.

Wakaf tidak akan menghabiskan harta, malah justru akan membuatnya menjadi kekal dan menjadi jalan untuk meraih ridho dan ampunan Allah SWT. Karena nilai manfaatnya tidak hanya dinikmati ketika berada di dunia saja, melainkan juga dapat dipetik dan dirasakan hingga di akhirat nanti. Maka satu wakaf sobat hasanah membawa manfaat untuk sesama.  Semakin banyak orang yang memanfaatkannya, maka semakin bertambah pula pahalanya



27 komentar untuk "Wakaf Bagi Generasi Muda Umat Islam"

  1. Saya selalu suka ama dosen yang disetiap akhir sesi memberikan sedikit wejangan tentang alquran dan sunnah.

    BalasHapus
  2. Salah satu amalan penghantar ke surga ya ini wakaf. Ya, Allah mampukan saya untuk berwakaf di jalanmu, aamiin.

    BalasHapus
  3. Setuju, ga harus kaya kok berwakaf
    Beberpa kawan malah patungan beli tanah dan di wakafkan. Sekrg teknologi maju dan memudahkan unt kita yg mau wakaf 🙏😊

    BalasHapus
  4. Bener banget wakaf itu gak akan menghabiskan harta kita malah bikin harta kita jadi berkah dan insyaAllah akan bertambah

    BalasHapus
  5. Kl mau amal jariyah, salah satunya bs dengan mewakafkan sebidang tanah buat mendirikan masjid atau pekuburan ya

    BalasHapus
  6. Intinya siapa saja bisa berwakaf ya kak. Nggak harus kaya, apalagi menunggu tua, generasi muda pun bisa berwakaf

    BalasHapus
  7. Jadi inget tentang wakaf sumur yang pernah disarankan ustadz saya. MasyaAllah bener memang keutamaan wakaf ini. Amal yang akan terus mengalir meskipun kita udah ngga bisa ngapa2in karena jasad terpisah dengan roh.

    BalasHapus
  8. wah jadi pelajaran ya ini kak untuk generasi muda bahwa jika ingin ber wakaf tdk hrs nunggu kaya raya..apapun bisa kita wakafkan misal pengetahuan yg kita miliki..

    BalasHapus
  9. Mumpung momennya Ramadhan, semoga mereka yang berlebih dalam hal harta bisa berwakaf. Amiiin.

    BalasHapus
  10. Wah makasih remindernya pak guru. Tapi maaf oot kenapa fotonya mbak2 berkerudung hitam itu?

    BalasHapus
  11. Bener...sejatinya tangan diatas lebih baik daripada tangan dibawah..dan sudah sewajarnya sebagai manusia kita harus tolong menolong ya

    BalasHapus
  12. MasyaAlloh setuju banget k, semangat wakaf harus selalu ditumbuhkan dalam jiwa-jiwa insani apalagi di tengah wabah ini ya k. Semoga kita selalu saling membantu dalam keadaan sulit sekalipun.

    BalasHapus
  13. Wah Terima kasih banyak infonya Jadi ngerti dan semakin bersemangat agar bisa ikutan wakaf di usia muda karena umur kita tidak tahu sampai kapan. Tabungan jariah agar amal ibadah kita tetap mengalir meskipun kita telah tiada

    BalasHapus
  14. Jarang-jarang nih anak muda zakat. Tapi, bukan tidak mungkin juga, sih. Anak muda kudu melek zakat. Terima kasih, pak Guru, artikelnya.

    BalasHapus
  15. Nikmat sekali ya bisa beramal harta wakaf ini, amal jariyah yang tidak akan terputus pahalanya... Semoga kita juga bisa beramal wakaf seperti Ustman bin Affan yang mewakafkan hartanya hingga bisa dirasakan manfaat nya oleh banyak orang sampai saat ini...

    BalasHapus
  16. semoga bisa berwakaf, meskipun sekali seumur hidup. karena pahalanya mengalir sehidup semati

    BalasHapus
  17. Bener banget kak. Wakaf ga harus nunggu kaya. Cuma kadang kita terasa berat mau ngelakuinnya karena digoda setan. Jadi inget salah satu ceramah, katanya kalau berbuat baik, harus cepet-cepetan sama setan.

    BalasHapus
  18. Selagi wakaf yang diberikan masih digunakan, itu akan memberikan pahala yang terus mengalir, apalagi jika wakafnya berkembang atau menjadi wakaf produktif. Begitu mudah memperoleh keberkahan dari harta, semoga kita tak enggan untuk melakukannya

    BalasHapus
  19. Di dekat rumah ibu saya ada yang mewakafkan tanahnya yang sangat luas untuk dibuat sekolah SMP. Dan dia nonmuslim. Semoga banyak juga dari yang muslim melakukan hal serupa. Aamiin

    BalasHapus
  20. Betul mas, dengan berwakaf itu tidak akan menghabiskan harta, bahkan sebaliknya Allah akan dapat meraih keridhoan dan ampunan Allah SWT.

    BalasHapus
  21. Setuju.. Salah satu cara untuk mengekalkan harta adalah dengan wafaf.. Dapat Ridho terus menerus dri Alloh SWT

    BalasHapus
  22. Wahh kapan ya bisa ada keberanian untuk berwakaf. Harta si ada tapi kok ya berat mau.wakaf

    BalasHapus
  23. wakaf apa yang tidak memberatkan, ya...?
    mengingat banak keutamaan wakaf, sejatinya kita juga ikut mewakafkan sesuatu di jalan Allah SWT

    BalasHapus
  24. Betul, generasi muda wajib paham soal wakaf. Agar ketika dewasa dan mandiri secara finansial tahu dan paham apa yang menjadi kewajiban menurut agama.

    BalasHapus
  25. Mendengar kata wakaf, aku ingat banget almh nenekku mewakafkan sebidang tanah miliknya untuk dijadikan masjid. Saat itu aku masih TK dan aku saat ini jadi tahu banget, manfaat wakaf. Akan tetapi, aku belum sampai ke level tersebut.

    BalasHapus
  26. Wakaf merupakan hal yang paling sulit diterapkan dibandingkan amalan lain. Mungkin karena berkaitan dengan uang, logika mulai main. Semoga tak hanya generasi muda saja yang mau berwakaf

    BalasHapus
  27. Aaamiin. waqaf memang jadi tabungan akherat. tapi aku belum melaksanakannya. hiks. mudah mudahan suatu hari kelak bisa mewaqafkan sesuatu yang bermanfaat dan menjadi kebaikan untuk.sangu di akherat nanti

    BalasHapus

Posting Komentar

Saya menghargai setiap komentar yang kamu berikan. Maka jangan pernah sungkan untuk meninggalkan komentarmu. Untuk kepentingan bisnis, silakan hubungi saya via email di wawantjara@gmail.com

Salam!