Lagu Daerah Lubuklinggau Terbaik

Daftar Isi [Tampil]
Sumber: Sobat Budaya


Apa kabar? Saya kali ini mau share lagu daerah kota Lubuklinggau. Judulnya Jengan Harak. Ini adalah salah satu lagu favorit saya.

Walau pun sekarang musim banget yang namanya nyanyiin lagu western. Pengaruh dunia barat emang mulai berkembang pesat di negara kita. Bahkan, banyak musisi Indonesia yang dengan sengaja bikin lagu dengan lirik berbahasa asing.

Ajang pencarian bakat nyanyi pun sekarang lebih dominan ke lagu Inggrisnya, dibanding lagu Indonesianya. Kecuali lomba nyanyi lagu dangdut. Karena sejauh ini, belum ada lagu dangdut yang isinya inggris full version. 

Ngomongin lagu bahasa asing, nyanyiin lagu daerah sepertinya bukan pilihan yang cupu. Karena menurut saya, lagu daerah itu masih terdengar seksi, apalagi kalau kita tidak tahu artinya apa. Termasuk lagu Jengan Harak ini. 

Lagu daerah Lubuklinggau - Jengan Harak.


Ai bege nia laman wang hikak
Lagi betiang ngan kayu ulen
Ai bege nia aman wang hikak
Musim kawo haban bulan duduk pengan

Reff:   Bearak betabuh semalaman
Beorkes bejoget sebujangan
Pesanku jengan nia nga lupe
Jengan hapai pai habulan bemara

Bearak betabuh semalaman
Beorkes bejoget sebujangan
Pesanku jengan nia nga lupe
Jengan hapai pai habulan laju harak

Berape jeuh la kayu ara
Ade haliku lubuk tanjung
La jeuh ige judu di arak
Rasan tue dak ditulak onga
Yang nanggung


Bingung artinya apaan?
Sama sih, saya yang orang Lubuklinggau juga bingung kalau disuruh ngartiin satu satu.

Kalau saya perhatikan sih, ini nyeritain tentang pesta pernikahan. Terus si penyanyi ngasih pesan, kalau jangan lebay kalau ngerayain kawinan, jangan sampai baru sebulan kawin udah marahan, begitu lah kira-kira. Maknanya sangat dalam, pemirsa.

Nih, saya kasih denger lagunya. Saya yakin, yang masih asing sama bahasa ini, pasti terdengar seksi. :D

 

Selain lagu Jengan Harak ini, saya juga punya referensi lagu Daerah, yang juga berasal dari Lubuklinggau. Saya kadang tidak paham dengan bahasanya, namun di telinga saya tetap saja seksi. Jadi asik aja buat didengerin baik waktu galau maupun pas lagi ganteng. Semoga ini berefek yang sama pula ke kamu.

Judulnya Kesenian Lame, lagu ini diciptakan oleh M. Azman Bainuri yang menceritakan tentang anak muda yang suka bergurau. Menari dan berpantun. Kesenian Lame bila diartikan ke Indonesia berarti seni jaman dulu. Lirik lagunya seperti ini:

Lirik Lagu Kesenian Lame



 Ayolah ayolah kite
Besenjang bepantun besame-same
Kesenian lame kite
Ken lestari spanjang mase
            Ayolah ayolah kite
            Berejung, menari besame-same
            Kesenian lame bile
            Ken abadi spanjang mase
Reff :
Senjang berejung bepantun
Ungkapan kate uwang yam dusun
Menari …………..
Tari turak, Tari  busek
Ambek pelangi kite nari kaen
Ambek rebang kite nari kaen   2x

Berbeda dengan lagu Jengan Harak, lagu Kesenian Lame ini saya agak mengerti. Sekali lagi lagu ini semacam ajakan untuk bermain main, suka suka, di bait awal adalah ajakan untuk sama sama berpantun, supaya pantun dapat lestari sepanjang masa.

Sedang di bait berikutnya, merupakan ajakan untuk menari. Bukankah menari dan berpantun dua hal yang menyenangkan?


Lirik Lagu Mangun Dusun 




Oe kawan-kawan bepekerlah kite 
Adat busek-busek…busek lah bae 
Nak nurut dunie la gile 
Laju makan sumpah uwong tue 
Mondar-mandir kilo kulu 

Ugek ulat ujan kene panas 
Budi base haram kalu tau 
Asal ati mude terase la puas 

Oe kawan-kawan berpekerlah kite 
Ambek lah sikap sebelum terlambat 
Dari pade kite élan dak keruan 
Baeklah kite hame-hame mangon doson

Dere Linggau Cipt. M. Azman Bainuri 




Babeju kurung panjang 
Bekaen lasem bahalendang rebang 
Bekalung panjang 
Haen anggon beanting buah sarangan 
Rambut dihanggul malang 
Bunge cempako disunting kidau kar 

Sambel malenggang 
Lemah gemulai meliuk tari senjang 

Reff: 
Ulas alap laku padek 
Sopan pule 
Menari pacak berejung lihai 
Men lum tau tulah daghe lubuk linggau 

Ulas bage betanak pacak 
Ramah nia 
Berejung lihai 
Men nak tau tulah daghe Lubuklinggau



Posting Komentar untuk "Lagu Daerah Lubuklinggau Terbaik"